Kelebihan dan Kelemahan Internet of Things


Internet of Things, atau IoT, mengacu pada miliaran perangkat fisik  di seluruh dunia yang sekarang terhubung ke internet, mengumpulkan dan berbagi data. Berkat prosesor murah dan jaringan nirkabel, itu mungkin untuk mengubah apa saja, dari pil untuk pesawat terbang , menjadi bagian dari IOT. 

Arsitektur sistem ini akan didasarkan pada konteks operasi dan proses dalam skenario real timeSemuanya bekerja secara otomatis, di rumah setiap kotak saklar listrik akan terhubung dengan ponsel pintar atau remote sehingga itu bisa dioperasikan dari jarak jauh.Tapi skenario seperti itu tidak perlu prosesor dan perangkat penyimpanan dipasang di setiap kotak saklar. Hanya dibutuhkan sensor untuk menangkap sinyal dan proses itu. Jadi arsitektur sistem ini bervariasi tergantung pada konteks penerapannya (Sureshet, 2014).

Mulai Pengertian hingga penerapannya di Indonesia, Internet of Things (IoT) ternyata memiliki beberapa kelebihan serta kelemahan. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan dari IoT yang diambil dari beberapa sumber:

Kelebihan dan Kekurangan Internet of things (IoT)
Kelebihan
a.      Internet of Things memungkinkan peningkatan layanan di beberapa sektor fundamental ekonomi. Sebagai contoh di lingkungan perumahan, integrasi smart device yang terkoneksi internet akan membantu meningkatkan keamanan perumahan melalui monitoring jarak jauh.
b.      Memenuhi kebutuhan pelanggan yang memerlukan model distribusi global dan layanan global yang konsisten. Sebagai contoh kita dapat mengetahui perilaku masyarakat tentang pasaran suatu produk.
c.       Perilaku perangkat dan aplikasi akan menempatkan tuntutan baru dan berbeda-beda pada jaringan selular.
d.      Menghubungkan benda mati dengan benda hidup. Sebagai contoh, pelacakan sapi proyek di Essex menggunakan data yang dikumpulkan dari radio posisi Tag untuk memantau sapi dari penyakit dan melacak perilaku kawanan sapi tersebut.
e.      Pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan sensor. Benda-benda fisik yang sedang terhubung akan memiliki satu atau lebih sensor. Setiap sensor akan memantau kondisi tertentu seperti lokasi, getaran, gerak, dan suhu. Dalam IoT, sensor ini akan terhubung satu sama lain dan sistem yang dapat memahami atau menyajikan informasi dari data feed sensor. Sensor ini akan memberikan informasi baru untuk sistem perusahaan dan orang-orang (http://www.cisco.com/c/dam/en_us/solutions/trends/iot/introduction_to_IoT_november.pdf)
f.        Dapat mempermudah kita untuk mengendalikan beberapa hal yang terkoneksi dengan handphone kita, misalnya mematikan dan menghidupkan mesin motor hanya dengan sekali ketuk melalui handphone kita.
g.      Melacak barang-barang kita yang hilang, maksudnya adalah semisal motor kita (yang telah kita pasang suatu sensor yang terkoneksi  dengan Handphone kita melalui internet) tiba-tiba hilang dicuri, maka kita dapat melacaknya menggunakan GPS.
Kelemahan
a.      Perangkat Internet of Things (IoT) memiliki sistem keamanan yang masih sangat lemah dan mudah untuk diretas.
b.      Biaya yang diperlukan dalam pengembangan dan menyiapkan keamanan yang baik sangat memerlukan biaya yang sangat besar dan mahal.
c.       Bahaya yang mengancam terhadap kehiduapan. Sebagai contoh, mengunci pintu terhubung ke Internet dapat digunakan untuk memantau ketika seseorang memasuki atau meninggalkan rumah mereka.
d.      Privasi dalam kehidupan kita menjadi terganggu, karena kemungkinan sistem IoT terhubung langsung dengan internet 
e.      Jika jaringan internet terganggu, maka IoT tidak dapat digunakan seperti biasanya, sehingga sangat diperlukan koneksi internet yang baik juga.
f.        Penggunaan IoT ini cukup rumit dan sulit untuk dipahami bagi orang-orang awam, sehingga diperlukan berbagai sosialisasi dan penyederhanaan proses IoT ini agar mudah dipahami.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Internet of Things mempunyai kelebihan maupun kekurangan dalam penggunaannya masing-masing. hal ini dapat disikapi dengan bijak dalam penggunaannya yang dapat membantu pekerjaan manusia tersebut.

Sumber:






1 comment:

  1. hey, i've read 3 part of your journey, nice to see your blog. Keep your spirit up!

    ReplyDelete