Internet of Things (IoT)







Internet sekarang sudah semakin canggih dan sangat membumi di seluruh negara, karena kelebihan-kelebihan yang terdapat dalam gadget tersebut membuat seluruh masyarakat menjadi tertarik untuk memiliki telekomunikasi itu. Namun masih belum canggih bila masih ada hal-hal lain yang sebenarnya sederhana tapi terkadang sering terlupakan karena hal tersebut masih dilakukan dengan cara manual. Oleh karena itu dicetuskanlah sebuah sistem yang bernama Internet of Things yang mana sistem ini membantu manusia dalam melakukan hal hal kecil secara otomatis.
Untuk pertama kali, istilah "Internet of Things" secara luas dikreditkan ke Kevin Ashton, dia mengindikasikan bahwa dia menciptakan istilah pada tahun 1999 ketika di Proctor & Gamble, tetapi tidak lepas landas hingga tahun 2009 dengan sebuah artikel di RFID Journal. Pada tingkat yang sangat dasar, "Internet of Things" berarti perangkat yang dapat merasakan aspek dunia nyata - seperti suhu, pencahayaan, ada atau tidak adanya orang atau benda, dll. Sebagian besar data di Internet diproduksi dan dikonsumsi oleh orang-orang (teks, audio, video), namun jika semakin banyak informasi yang akan diproduksi dan dikonsumsi oleh mesin, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup kita.



Apa itu Internet of Things?
Internet of Things, atau IoT adalah suatu sistem yang mengacu pada miliaran perangkat fisik di seluruh dunia yang sekarang terhubung ke internet, yang dapat mengumpulkan dan berbagi data. Hampir semua objek fisik dapat diubah menjadi perangkat IoT jika dapat terhubung ke internet dan dikendalikan dengan cara itu.
Menurut Casagras (Coordinator and support action for global RFID-related activities and standadisation) mendefinisikan IoT sebagai sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Infrastruktur terdiri dari jaringan yang telah ada dan internet berikut pengembangan jaringannya. Semua ini akan menawarkan identifikasi obyek, sensor dan kemampuan koneksi sebagai dasar untuk pengembangan layanan dan aplikasi ko-operatif yang independen. Ia juga ditandai dengan tingkat otonom data capture yang tinggi, event transfer, konektivitas jaringan dan interoperabilitas.

Bola lampu yang dapat dinyalakan menggunakan aplikasi dari ponsel adalah salah satu bentuk perangkat IoT. Dapat dilihat contoh lain seperti sensor gerak di kantor, lampu jalan yang terhubung, ataupun AC yang sekarang dapat dinyalakan atau dimatikan dengan sistem IoT.
Secara umum dan sederhana salah satu contoh cara kerja sistem IoT adalah pada pengunci pintu otomatis. Pertama kita mengirim pesan melalui smartphone, kemudian pesan diterima perangkat IOT. Setelah itu perangkat IOT memberikan perintah untuk modul selonoid doorlock/servo, kemudian kunci bergerak dan pintu pun terkunci.
Kepopuleran IoT dengan cepat merangkul seluruh masyarakat dan memiliki potensi untuk memberdayakan dan memajukan hampir setiap individu dan bisnis. Ini menciptakan peluang luar biasa bagi perusahaan untuk mengembangkan layanan dan produk baru yang akan menawarkan peningkatan kenyamanan dan kepuasan kepada konsumen mereka.
Manajemen mobilitas perusahaan adalah contoh dampak perangkat IoT yang berkembang pesat. Contohnya saja seperti : gambar lingkungan medis di mana setiap instrumen di ruangan-ruangan terhubung ke jaringan untuk mengirimkan data pasien yang dikumpulkan melalui sensor. Contoh dalam industri seperti pertanian : jika setiap hewan dilacak secara digital untuk memantau lokasi, kesehatan, dan perilakunya. Kemungkinan IoT tidak terbatas, dan begitu juga jumlah perangkat yang dapat bermanifestasi.
Namun, terlepas dari peluang IoT, ada banyak risiko yang harus dihadapi. Setiap perangkat yang dapat terhubung ke Internet memiliki sistem operasi tertanam yang digunakan dalam firmware-nya. Karena sistem operasi tertanam sering tidak dirancang dengan keamanan sebagai pertimbangan utama, ada kerentanan yang hadir di hampir semuanya. Lihat saja jumlah malware yang menargetkan perangkat berbasis Android saat ini. Ancaman serupa kemungkinan akan berkembang biak di antara perangkat IoT ketika mereka menangkapnya.

0 komentar: